Tuesday, December 12, 2006

Artikel-artikel Linux, Jaringan dan Internet

Sumber : hendra.soewarno@gmail.com
Linux telah berkembang menjadi salah satu sistem operasi yang cukup populer dan tidak dapat diabaikan. Linux dikembangkan secara Open Source dan Gratis, sehingga dapat diperoleh dan terbuka kepada siapapun. Walaupun dikatakan bahwa sistem operasi Linux adalah lebih cepat dan stabil. Tetapi hal itu bisa terwujud jika berada di tangan orang yang telah berpengalaman dan senantiasa mengikuti perkembangan dari Linux itu sendiri. Karena harus disadari bahwa keamanan komputer tidak hanya bergantung kepada sistem operasi yang digunakan, tetapi juga dipengaruhi oleh service-service dan aplikasi yang dijalankan didalamnya serta kebijaksanaan yang diterapkan.
Kalau berbicara tentang keamanan komputer orang senantiasa berbicara tentang hal-hal yang teknis, seperti firewall, packet filtering, proxy, password, enkripsi, dan senantiasa mengabaikan kecenderungan prilaku pemakai yang memungkinan mereka diserang secara sosial engineering. Hal ini dapat dilihat dari hebohnya kasus Internet Banking BCA, yang terkenal dengan www.klikbca.com, secara secara mudah dapat dipermalukan oleh seorang pemuda, dengan membuat situs plesetan dari nama-nama domain yang mungkin, misalnya www.kilkbca.com, www.clickbca.com, dan ternyata banyak yang tidak menyadarinya dan memasukkan id serta password mereka. Apakah hal ini bisa diselesaikan dengan firewall, packet filtering, proxy, password, dan enkripsi ?
Mempelajari Linux relatif lebih sulit dibandingkan dengan sistem operasi Windows karena kebanyakan pemakai komputer di Indonesia dibangun dari dasar DOS dan Windows. Berikut beberapa artikel yang dapat membantu anda untuk memahami Linux dan membuat komputer serta jaringan anda menjadi lebih aman.

No comments: